Sabtu, 10 Februari 2018

lokasi vena untuk pemasangan infus


Macam-macam vena :
1.      Vena digitalis
Vena digitalis terdapat pada punggung tangan yang mengalir di sepanjang sisi lateral jari tangan dan terhubung ke vena dorsalis oleh cabang-cabang penyambung.


2.      Vena Dorsalis Superfisialis
Vena ini terletak di metakarpal atau punggung tangan yang berasal dari gabungan vena-vena digitalis yang berasal dari jari-jari tangan. Vena digitalis ini adalah pilihan vena nomor dua setelah vena digitalis jika tidak berhasil.



3.      Vena Sefalika
Vena sefalika merupakan pembuluh darah vena yang terletak di lengan bagian bawah pada posisi radial lengan yang posisinya sejajar dengan ibu jari. Vena ini berjalan ke atas sepanjang bagian luar dari lengan bawah dalam region antekubiti. Vena sefalika lebih kecil dan biasanya lebih melengkung dari vena basilika.


4.      Vena Basilika
Vena basilika ditemukan pada sisi ulnaris lengan bawah. Vena ini berjalan ke atas pada bagian posterior atau belakang lengan dan kemudian melengkung ke arah permukaan anterior atau region antekubiti. Vena ini kemudian berjalan lurus ke atas dan memasuki jaringan yang lebih dalam.





5.      Vena Mediana Kubiti
Vena mediana atau antekubiti merupakan vena yang berasal dari vena lengan bawah dan umumnya terbagi dalam dua pembuluh darah, satu berhubungan dengan vena basilika dan yang lainnya berhubungan dengan vena sefalika. Vena mediana kubiti ini biasanya digunakan untuk pengambilan sampel darah.


Gambar untuk semua vena :       





7 komentar:

  1. Bgmn jika pasien tidak mempunyai tangan kak ? Lokasi penusukan nya dimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, penusukannya bisa di kaki kak

      Hapus
    2. Untuk penusukan bisa di daerah kaki kak

      Hapus
    3. Diarea lain juga bisa tidak harus ditangan. Di kaki juga bisa 🙏🏻🙏🏻🙂🙂

      Hapus
  2. Bgmn jika pasien tidak mempunyai tangan kak ? Lokasi penusukan nya dimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di infus di kaki atau di vena area leher. Tapi di leher venanya besar

      Hapus
  3. Sumber bukunya dari mana ka?

    BalasHapus

PEMERIKSAAN FISIK HEAD TO TOE

         Pemeriksaan fisik  atau pemeriksaan klinis  adalah sebuah proses dari seorang ahli medis memeriksa tubuh pasien untuk menemukan ...